SOSIALISASI DAN PENYULUHAN PRODUK-PRODUK HUKUM PUSAT

Kegiatan Sosialisasi dan Penyuluhan Produk-produk Hukum Pusat merupakan salah satu kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun oleh Bagian Hukum Setda Kabupaten Purworejo sebagai upaya penyebarluasan informasi hukum kepada masyarakat guna mengejawantahkan salah satu asas hukum yang berbunyi “iederen wordht geacht de wet te kennen”, yang artinya“setiap orang dianggap tahu akan hukum”. Dengan dilaksanakannya Sosialisasi dan Penyuluhan Produk-produk Hukum Pusat, masyarakat dapat mengetahui dan memahami materi muatan yang diatur dalam Undang-undang yang telah diundangkan . Tentu saja, tidak semua Produk-produk Hukum Pusat yang menjadi materi Sosialisasi karena jumlahnya yang cukup banyak. Dari segi keterbatasan waktu, tentu mustahil untuk disosialisasikan seluruhnya. Oleh karena itu, materi Sosialisasi dipilih  yang muatannya banyak bersentuhan langsung dan dibutuhkan oleh masyarakat luas. kegiatan sosialisasi tersebut akan dibagi dalam dua tahap. “Tahap pertama akan dimulai pada 31 Juli 2017  sampai dengan 3 Agustus 2017 di, dan tahap kedua akan dimulai pada tanggal 7 Agustus 2017 sampai 10 Agustus 2017.

Maksud dari sosialisasi produk hukum ini dalam rangka menyebarluaskan informasi produk-produk  hukum pusat kepada masyarakat agar masyarakat dapat mengetahui dan mentaatinya. Dan juga tujuan kegiatan terebut dalam rangka mewujudkan kesadaran hukum masyarakat akan hak dan kewajibannya sebagai warga negara.

Sasaran sosialisasi produk hukum adalah siswa-siswi SMP dan SMA terpilih yang ada di Kabupaten Purworejo,materi sosialisasi produk hukum meliputi Undang-undang Nomor 21 Tahun 2007, Nomor 11 Tahun 2008 dan Nomor 36 tahun 2009.

Adapun narasumber pada kegiatan sosialisasi tersebut adalah Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo, Kejaksaan Negeri Kabupaten Purworejo, dan Pengadilan Negeri Kabupaten Purworejo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *